logo blog
Advertise 728x90

Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan dan Cara Pengobatannya

Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan dan Cara Pengobatannya

Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan dan Cara Pengobatannya

Rambutan (Nephelium lappaceum L.) merupakan tumbuhan tropis yang memerlukan iklim lembab dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2.000 mm. Rambutan ini merupakan tanaman rendah hingga ketinggiannya yang mencapai 300 - 600 m dpl.

Pohon rambutan ini bisa mencapai ketinggian 15 - 25 m dan mempunyai banyak cabang. Daunnya ini majemuk menyirip, letaknya berseling, dengan anak daun 2 - 4 pasang. Helaian anak daun berbentuk bulat lonjong, panjang mencapai 7,5 - 20 cm, lebar mencapai 3,5 - 8,5 cm dan berwarna hijau serta kerap kali mengering.

Bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon. Buahnya berbentuk bulat lonjong, panjang mencapai 4 - 5 cm, dengan duri tempel yang bengkok, lemas sampai kaku. Kulit buahnya ini berwarna hijau dan bija menjadi kuning atau merah jika sudah masak. Dinding buahnya ini tebal. Bijinya berbentuk elips, terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air. Kulit biji tipis berkayu.

Rambutan ini akan berbunga pada akhir musim kemarau dan akan membentuk buah pada musim huja, sekitar November sampai Februari. Ada banyak sekali jenis rambutan diantaranya sinyonya, lebakbulus, binjei, simacan dan ropiah.

Rambutan ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut dibawah ini jika Anda ingin mengetahui apa saja manfaat rambutan bagi kesehatan Anda, jadi simaklah dengan baik dibawah ini beberapa manfaat rambutan bagi kesehatan tubuh Anda.

01. Mengobati Sariawan

Caranya ialah cucikan kulit kayu rambutan sebanyak 3 ruas jari, lalu rebuskan dengan 2 gelas air bersih, tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas. Gunakan ramuannya untuk berkumur selagi masih hangat.

02. Mengatasi Demam

Caranya ialah sediakan 15 gram kulit buah rambutan yang telah dikeringkan. Lalu tambahkan dengan 3 gelas air bersih, kemudian rebuskan sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saringkan dan minum sebanyak 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.

03. Mengatasi Kencing Manis

Caranya ialah gongseng biji rambutan sebanyak 5 biji, lalu gilingkan sampai menjadi serbuk. Kemudian seduhkan dengan 1 cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Lakukan 1 - 2 kali sehari.

04 Mengatasi Disentri

Caranya ialah sediakan kulit buah rambutan sebanyak 10 buah dan cucikan sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Kemudian tambahkan dengan 3 gelas minum air bersih. Selanjutnya rebuskan sampai airnya tersisa menjadi separuhnya. Setelah dingin, saringkan dan minum 2 kali sehari, masing-asing tiga perempat gelas.

Nah, itulah beberapa manfaat rambutan bagi kesehatan tubuh Anda serta cara pengobatannya. Bagaimana menurut Anda? Kalau begitu semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Bagikan Artikel ini:

Onemans Gold or Health News adalah membahas berita kesehatan dan kecantikan yang dikutip dari sumber terpercaya di dunia, terima kasih telah berkunjung dan membaca postingan diatas ini.

Copyright © 2015. Onemans Gold or Health News - All Rights Reserved